-->

Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE


Setelah di pertemuan sebelum nya saya menjelaskan tentang Pengertian dan Fungsi SEO, kali ini saya akan coba untuk menjelaskan pengertian dari Teknik SEO ON PAGE dan Teknik SEO OFF PAGE. dimana kedua Teknik ini harus bisa di kuasai oleh para Blogger yang mau menjadi seorang Internet marketing, atau juga bisa di di pelajari dan di praktek kan oleh seorang Pebisnis/pengusaha UKM yang mau Go online kan Brand nya.
karena menurut saya dasar dasar untuk belajar dan memahami Teknik SEO terdiri dari Dua teknik pokok utama yaitu ON-PAGE SEO dan OFF PAGE SEO. karena dengan anda memahami teknik dasar dari SEO ini menurut saya sudah lebih dari cukup supaya Blog anda berada di halaman utama mesin pencarian. jadi simak terus ya untuk penjelasan nya.

1. PENGERTIAN SEO ON PAGE
Secara garis besar nya teknik SEO On Page ini adalah cara seorang Blogger atau Pemilik Website untuk melakukan pengaturan Blog yang di mulai dari dalam (interna blog) agar blog nya terlihat relevan dan juga berkualitas di mesin pencarian. jika di ibaratkan apabila kita sedang membereskan rumah kita, maka langkah awal yang di lakukan untuk membereskan rumah tersebut di lakukan di mulai dari dalam Rumah, nah apabila sudah selesai di dalam rumah barulah kita membereskan luar rumah kita ( halaman rumah ).begitulah kira kira.
salah satu langkah awal dalam penerapan teknis SEO ON PAGE adalah mengoptimalkan nama domain Blog kita, se maksimal mungkin, karena selain menjadi identitas Blog kita nama domain juga sangat lah berpengaruh terhadap pengoptimalan SEO.

2. PENGERTIAN SEO OFF PAGE
setelah kita mengetahui pengertian dari teknik SEO On Page maka pengertian SEO OFF Page adalah langkah/cara seorang Blogger atau pemilik website yang di lakukan dari laur (external) untuk menjaring pengunjung.
Langkah awal dari Teknik SEO OFF PAGE adalah dengan cara promosikan Blog kita ke Sosial media.


nah itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. langkah selanjutnya adalah mengenai penjelasan Spesifik tentang SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE di mulai dari konsep nya sampai cara cara untuk mengoptimalkan nya.

A. KONSEP SEO ON PAGE
sebenarnya konsep yang di gunakan oleh orang lain dalam teknik SEO sangatlah berbeda beda, karena mereka semua mempunyai cara sendiri. namun di bawah ini adalah beberapa hal yang sangat inti dalam mengoptimalkan SEO ON PAGE  diantaranya adalah 

  1. Domain
  2. Template
  3. judul
  4. url
  5. meta
  6. gambar
  7. external link
  8. internal link
  9. sosial shering
  10. kecepatan blog
  11. Sitemap

1. Domain
seperti dalam hal nya membangun sebuah rumah menganalisis dan memikirkan Domain juga sangatlah penting , lalu jangan sampai tujuan website nya harus selaras dengan Nama domain yang kita bidik, apabila anda mementingkan Keyword maka jangan sampai Domain anda tidak se irama dengan isi dari blog anda, contoh mudah nya domain yang se irama dengan isi blog nya adalah blog ini memilih nama domain www.amiblog.xyz yang artinya secara tidak langsung ikut andil dalam meningkatkan keyword Blog. dan sekaligus menggabungkan nama saya sebagai Domain Brandeble nya. begitulah kira kira.

2. Template
apabila kita benar benar Mau mempelajari dan memahami SEO, maka selaku pelaku blogger atau pemilik Website kita juga harus bisa memperhatikan tampilann/template Blog kita. di usahakan Template kita menggunakan Templat yang memiliki struktur SEO friendly. untuk sekarang sangatlah mudah untuk mendapatkan Template Tersebut. karena sudah banyak yang bisa membuat Template dengan struktur SEO Friendly. jadi silahkan anda cari sendiri.

3. Judul
langkah selanjutnya yang harus anda optimalkan dalam SEO ON PAGE adalah judul Blog anda. karena judul blog merupakan kata kata pertama yang terlihat di mesin pencarian.
pada dasar nya penerapan seo On Page pada judul adalah dengan memasukan kata kunci utama yang anda bidik. namun itu semua tidaklah cukup. karena hal yang paling sulit nya adalah bagaimana supaya judul Blog kita terlihat menarik dan memikat terhadap orang yang membaca dan melihat nya, sehingga menjadi total klik.

4. Url Blog
setelah judul blog anda di optimasi dengan benar langkah penerapan selanjutnya adalah optimalkan url blog yang ada di mesin telusur.langkah penerapan nya adalah dengan mengatur url anda supaya sesuai dengan isi dari artikel kita.
Contoh url yang efektif dan relevan
"domain.com/teknik-seo/
"domain.com/ SEO/teknik seo

sedangkan susunan url yang tidak efektif dan relevan contohnya adalah 
"domain.com/m24"

jadi menurut pakar Panduan IM buatlah url yang mengandung kata kunci utama.

4. Meta 
yang tergabung dalam elemen ini diantaranya adalah meta description, meta keyword, dan juga meta content 
sebenarnya dalam elemen meta descripstion bukan lah hal penting dalam optimasi SEO anda, namun tidak ada salah nya anda juga mencoba untuk optimalkan Meta Description anda karena meta Description juga akan tampil di mesin pencarian.

5. Gambar
gambar juga sangatlah penting untuk di Optimasi, karena merupakan nilai plus terhadap tampilan Blog anda. karena jika Blog anda seluru artikel nya berbentuk tulisan dan tanpa gambar pendukung, otomatis pengunjung pun akan merasa jenuh .

6. Link ke luar
sebenarnya link ke luar juga merupakan hal yang sangat efektif dalam mengoptimalkan SEO anda, contoh nya apabila anda mengutip sesuatu pengertian atau informasi dari sebuah blog yang sudah sangat bagus reputasi nya, maka anda harus membuat link referensi ke luar terhadap blog yang anda kutip tersebut, karena dengan cara ini bisa membuat reputasi blog anda terlihat bagus di mata Google.

7. Internal Link
langkah selanjutnya dalam penerapan SEO ON PAGE adalah dengan memaksimalkan internal link anda, pertama anda harus memaksimalkan navigasi anda supaya terlihat sangat jelas di mata Google. karena logika nya apabila navigasi kita tidak jelas akan membuat bingung terhadap pengunjung kita, selain itu apabila kita daftar Google Adsense, maka akan di tolak dengan alasan Navigasi yang tidak  jelas, nah dalam mengoptimalkan link internal cukup dengan beberapa link di dalam postingan dengan langsung mengarah ke artikel terkait. 

8. sosial shering
walaupun pada kenyataan nya dengan cara menyebarkan link blog kita ke sosial media bukanlah faktor utama dalam meningkatkan ranking kita di google, tapi tidak ada salahnya kita rajin untuk membagikan blog kita di sosial media, karena manfaat nya bisa membuat blog yang kita bangun akan mudah di kenal, namun jangan sampai berlebihan karena akan di anggap spam.

9.Kecepatan Blog
penerapan yang ke sembilan dalam teknik ini adalah memperhatikan kecepatan Website/blog anda, usahakan Blog anda seringan mungkin dengan cara mengoptimalkan Script html anda, kemudian compress struktur css anda, dan juuga minimalkan ukuran Gambar blog anda.

10.Sitemap.
di dalam sebuah Blog kita diperlukan sebuah Sitemap untuk memudahkan pengunjung kita dalam mencari artikel yang mereka inginkan, ibarat sebuah Buku, apabila buku tanpa daftar isi, maka pembacanya akan sulit menemukan judul sebuah halaman.

Nah di atas merupakan Konsep Awal dalam penerapan Teknik SEO ON PAGE.

2. KONSEP SEO OFF PAGE
berdasarkan pengertian SEO OFF PAGE di atas, bahwa teknik ini merupakan teknik optimasi blog yang di lakukan dari luar.
penerapan awal dari konsep tekni ini diantaranya:

  1. Promosi blog Ke sosial Media, cara menyebarkan artikel kita ke sosial media seperti Google Plus, Facebook, Twitter, dan media sosial lain nya merupakan penerapan dari teknik SEO OFF PAGE
  2. Backlink, hal ini sangatlah berpengaruh terhadap peringkat halaman kita. namun jangan sampai anda berlebihan dalam membangun Backlink, karena justru bisa membuat turun peringkat halaman anda.
  3. Daftar ke Webmaster, langkah dalam mendaftarkan Blog kita baik itu ke Google Webmaster maupun ke Bing webmaster merupakan langkah penerapan dalam Teknik SEO OFF PAGE.

Nah itulah sekelumit penjelasan mengenai Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. saya harapkan dengan penjelasan dari saya ini anda semua bisa memahami dan mengerti .
sampai ketemu di pertemuai selanjutnya ya.

0 Response to "Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE"

Posting Komentar

DILARANG KERAS UNTUK SPAM DI BLOG INI

Iklan Tengah Artikel 2