-->

Cara mendaftarkan blog Ke Bing dan Google Webmaster


Cara Mendaftarkan Blog Ke Bing dan Google Webmaster - pada dasarnya Bing dan Google Webmaster adalah sebuah Tool untuk mendaftarkan Blog kita dan untuk membuat peta situs untuk blog kita, supaya Blog kita lebih cepat di temukan di mesin pencarian. namun sebenarnya tanpa anda daftarkan blog anda ke Webmaster, blog anda akan terlihat di mesin pencarian, namun mesin pencarian butuh waktu yang lama untuk mengenali situs anda, oleh karena itu supaya Blog anda cepat di kenali oleh mesin pencarian maka anda harus mendaftarkan Blog anda ke Webmaster tool dan submit sitemap.
Sitemap/peta situs sendiri bertujuan supaya memudahkan mesin pencarian dalam mengenali struktur keseluruhan  Blog anda. maka apabila blog anda mudah di kenali oleh webmaster, otomatis Blog anda akan mudah di temukan di mesin pencarian.

nah di sini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang cara Mendaftarkan Blog anda ke Bing Webmaster dan juga Google Webmaster. supaya Blog anda lebih mudah dan cepat di temukan di mesin Pencarian . jadi simak terus sampai Tuntas ya.

1. CARA MENDAFTARKAN BLOG KE GOOGLE WEBMASTER
untuk mendaftarkan Blog anda ke Google Webmaster anda bisa langsung daftar ke situsnya DISINI
atau juga anda bisa langsung daftar dengan klik preferensi penelusuran di blog anda, caranya adalah seperti Berikut.

1. silahkan anda masuk ke menu utama Blog anda.
2. setelah itu anda klik menu pengaturan
3. lalu klik tulisan edit pada menu preferensi penelusuran di blog anda maka anda akan di bawa ke halaman utama Webmaster tool, untuk detail nya lihat Gambar di bawah ini


4. setelah anda klik link Edit maka anda akan di bawah ke Google webmaster, silahkan logn in dengan akun Gmail yang sama dengan pendaftaran Blog anda, setelah sukses masuk, maka anda akan di suruh untuk memasukan alamat Blog anda, silahkan masukan alamat Blog anda, detail nya lihat gambar di bawah ini


5. untuk tanda panah nomor satu silahkan isi dengan alamat blog anda, jika alamat blog anda di awali dengan Http, maka di situ juga harus di awali http, tapi jika di awali dengan Https maka di kolom tersebut juga harus di awali https, supaya nanti tidak ada error ketika submit peta situs.
6. setelah memasukan alamat blog anda langkah selanjutnya klik tombol merah bertuliskan Add Site/tambahkan situs
7. setelah anda sukses menambahkan situs anda, maka anda akan di bawa ke halaman verifikasi situs, yang nantinya akan ada beberapa metode verifikasi, supaya lancar untuk verifikasi nya saran saya gunakan Tag HTML untuk detail Verifikasi nya, detail nya lihat gambar di bawah ini


8. setelah meta tag nya terbuka, silahkan copy semua kode yang berada di kolom tersebut.
9. setelah kode nya di copy, langkah selanjutnya anda masuk ke halaman utama Blog anda
10. lalu klik menu Tema/template
11. lalu klik edit Html. setelah terbuka html nya, silahkan paste kan kode yang tadi anda Copy di bawah kode <head> lalu klik Simpan Tema.
12. setelah anda berhasil menyimpan tema anda, langkah selanjutnya anda masuk lagi ke halaman Verifikasi webmaster anda. lalu klik Verifikasi yang ada di bagian bawah.
13. jika anda sukses menyimpan tag Html nya di bagian Head template anda,maka saat anda klik Verifikasi anda akan di bawa ke halaman dengan bertuliskan Klik dan lanjutkan.

nah pembuatan akun Webmaster untuk blog pun sudah selesai, karena sudah sukses dengan verifikasi menggunakan Tag Html, dengan cara menyimpan di bagian Head template anda. langkah selanjutnya adalah membuat Sitemap/peta situs untuk Blog anda. caranya adalah

1. silahkan masuk ke halaman utama Google webmaster anda, lalu Klik Menu perayapan => klik menu Sumbmit sitemap => klik tambahkan Sitemap baru => masukan alamat sitemap anda => klik kirim, untuk detail nya lihat gambar di bawah ini

2. Sitemap pun sudah selesai di buat. 
*catatan
untuk membuat sitemap dari platform blogger anda cukup menambahkan sitemap.xml saja di kolom dengan panah nomor empat pada gambar di atas.
sedangkan apabila anda menggunakan Platform Wordpress maka sitemap yang harus anda tambahkan adalah : sitemap_index.html 
begitulah kira kira. gimana mudah  bukan.

nah setelah anda sukses verifikasi situs anda di Google webmaster dan sukses Submit Sitemap, langkah selanjutnya adalah Submit Artikel anda ke Google Webmaster, untuk masalah submit artikel, saya akan bahas di pertemuan selanjutnya ya.


2. CARA MENDAFTARKAN BLOG KE BING WEBMASTER TOOL
setelah kita sukses mendaftarkan blog kita ke Google Webmaster, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan Blog anda ke Bing Webmaster, karena Bing juga merupakan mesin pencarian terbesar dan ter populer setelah Google. untuk cara cara nya simak terus ya.

1.Silahkan anda masuk dulu ke situs Bing webmaster nya DISINI
maka akan ada tampilan seperti di bawah ini, nah supaya memudahkan dalam proses masuk, saran saya gunakan akun Gmail yang sama dengan pendaftaran ke Google Webmaster, detail Gambar nya lihat di bawah ini.


di situ ada tiga pilihan untuk Logn in. saran saya pilih saja masuk dengan akun Gmail.
2.setelah anda sukses masuk dengan akun Gmail. maka anda akan di bawa ke halaman untuk mengisi formulir, silahkan isi formulir nya sesuai dengan data blog anda, detail nya lihat gambar di bawah ini


3. setelah anda sukses isi semua formulir nya lalu klik add, maka anda akan di bawa ke halaman verifikasi situs, yang hampir mirip dengan verifikasi situs di Google Webmaster, detail nya lihat gambar di bawah ini


4. silahkan copy semua kode tag meta nya yang ada di kolom tersebut.
5. kemudian anda masuk lagi ke halaman utama Blog anda => klik menu Template/tema => lalu klik edit html
6. cari kode <head> lalu paste kan kode yang tadi anda copy di bawah kode <head> tersebut.
7. kemudian klik simpan.
8.kemudian anda masuk lagi ke menu verifikasi bing webmaster anda.
9. lalu klik Verifikasi.
10. selesai deh blog anda pun kini sudah terdaftar di bing Webmaster. 

nah langkah selanjutnya adalah submit artikel ke Bing webmaster, tapi untuk penjelasan cara Submit artikel ke Bing Webmaster nanti ya di pertemuan selanjutnya saya akan bahas. untuk pembahasan kali ini sampai di sini dulu ya. soalnya jari jemariku sudah mulai kriting dan pegal.
jadi sampai ketemu di pembahasan selanjutnya ya.

4 Responses to "Cara mendaftarkan blog Ke Bing dan Google Webmaster"

DILARANG KERAS UNTUK SPAM DI BLOG INI

Iklan Tengah Artikel 2