-->

Pengertian Sholat, tujuan serta manfaatnya


Sholat merupakan sebuah ibadah yang sangat di perintahkan oleh Allah kepada umat islam, Karena sholat merupakan rukun Islam yang ke dua. maka dari itu Sholat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat islam yang ada di dunia ini, dan apabila ada umat islam baik yang tidak sengaja maupun sengaja meninggalkan Sholat maka akan mendapatkan siksaan dari Allah swt, dan apabila di laksanakan akan mendapatkan ganjaran

Sekilas Sejarah Sholat
pada hakikatnya Sholat merupakan sebuah ibadah yang di perintahkan oleh Allah swt, namun sejarah asal mulanya di perintahkan Sholat adalah ketika Nabi kita yaitu nabi besar muhammad saw sedang melaksanakan Isra mi'raj, Waktu itu nabi muhammad di tugaskan untuk melaksanakan Sholat yang awalnya 500 rokaat, kemudian menjadi 50 waktu, dan akhirnya menjadi lebih ringan yaiu menjadi 5 waktu.

Pengertian Sholat
sholat menurut bahasa adalah Doa.sedangkan Sholat menurut Istilah adalah sebuah ibadah yang di awali dengan taqbiratul ikhram dan di akhiri dengan Salam, dengan gerakan gerakan tertentu dan bacaan tertentu sesuai yang telah di perintahkan.

Macam Macam Sholat
pada dasar nya Sholat terbagi menjadi dua bagian, yaitu Sholat fardu dan Sholat Shunat.

Sholat fardhu adalah sholat yang wajib untuk di laksanakan oleh umat islam diantaranya adalah 

  1. Sholat Subuh dilaksanakan sesudah adzan subuh pada waktu mau terbit fajar sekitar jam setengah lima
  2. Sholat Dzuhur dilaksanakan pada waktu matahari berada tepat di atas kepala kita sekitar jam 12 siang 
  3. sholat Asyar dilaksanakan pada waktu mau muncul mega yang berwarna merah, sekitar jam 3 lebih
  4. Sholat Magrib dilaksanakan ketika matahari terbenam sekitar jam 18  lebih 
  5. Sholat Isya dilaksanakan pada sekitar pukul 19 lebih 
sedangkan Sholat sunat banyak sekali jenis nya, namun kali ini amiblog akan menjelaskan sekilas saja ya, ini dia diantaranya :
  1. sholat sunat ba'da dan qobla di laksanakan sebelum dan sesudah melaksanakan Sholat fardhu
  2. Sholat sunat tahajud
  3. Sholat sunat duha
  4. sholat sunat hajat
  5. sholat sunat taubat
  6. sholat sunat gerhana
  7. sholat sunat tasbih
  8. dan masih banyak lagi, 
untuk masalah sholat sunat nanti amiblog.xyz akan coba menjelaskan lebih detail nya di artikel selanjutnya ya . 

Mengapa kita sebagai umat islam di wajibkan untuk melaksanakan Sholat? karena Sholat merupakan ibadah yang sangat di wajibkan, dan juga yang paling penting adalah Sholat merupakan pilar/tiang nya agama, maka bisa di simpulkan bahwa jika kita umat islam tidak melaksanakan Sholat maka di ibaratkan membuat rumah yang tampa tiang/pilar yang berdampak akan rumah tersebut akan rubuh dan tidak berguna sama sekali.

Jadi jangan sampai anda sebagai umat islam untuk coba coba meninggalkan Sholat yang 5 waktu, kemudian istiqomahlah untuk melaksanakan Sholat berjamaah karena pahalanya yang sangat luar biasa.

Tujuan Sholat
pada hakikatnya tujuan Sholat itu adalah sebuah ibadah untuk menghadap dan bermunajat dengan sang pencipta yaitu Allah swt, namun pada Syariat nya tujuan Sholat itu untuk mendapatkan keridoan Allah swt.

Manfaat Sholat
Banyak sekali Manfaat dari mendirikan Sholat yaitu :
  1. bermanfaat bagi kesehatan karena sudah terbukti dan banyak peneliti yang mengatakan bahwa Sholat merupakan sebuah gerakan yang bisa menyehatkan tubuh kita
  2. membuat Hati kita selalu tenang
  3. mendapatkan pahala yang luar biasa
  4. dan banyak lagi, pokoknya tidak bisa di ungkapkan oleh kata kata.
Nah itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian Sholat, Tujuan serta manfaatnya. semoga artikel saya bermanfaat ya, mohon maaf apabila artikel saya banyak kesalahannya, karena masih dalam tahap belajar. 
Assalamualaikum

0 Response to "Pengertian Sholat, tujuan serta manfaatnya"

Posting Komentar

DILARANG KERAS UNTUK SPAM DI BLOG INI

Iklan Tengah Artikel 2